© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
PERANCANGAN SISTEM KENDALI PENJAGA PITCH ANGLE PESAWAT PADA PESAWAT BOEING 747 MENGGUNAKAN MATLAB
Penulis
YIYI LINANDA
Pembimbing : M. Ardi Cahyono, ST, MT - Dwi Hartini, ST

ABSTRAK :
Dalam suatu penerbangan kestabilan memegang peranan yang penting. Agar pesawat tetap berada pada posisi terbang stabil perlu dirancang suatu sistem kendali. Pada penelitian ini, dirancang sistem kendali penjaga pitch angle pesawat pada pesawat Boeing 747 menggunakan software MATLAB. Penelitian ini dianalisis pada ketinggian sea level dan 40,000 ft. Untuk mendapatkan penerbangan yang stabil dan berada pada posisi penerbangan yang baik harus ditentukan nilai penguat (k), frekuensi natural() dan damping ratio yang dihitung menggunakan software MATLAB. Dalam perancangan sistem kendali penjaga pitch angle pada pesawat boeing 747 ini dinyatakan telah berhasil. Dimana setelah dirancang sistem kendali ini, maka pesawat dapat kembali keposisi stabil dalam waktu yang lebih singkat Perancangan sistem penjaga pitch angle pada pesawat Boeing 747 telah berhasil yang dinyatakan dengan nilai koefisien k (penguat)[k1 k2] pada sea level adalah = [6.5333 2.7076] sedangkan nilai k (penguat) k1 dan k2 pada ketinggian 40000 ft adalah [5.92641.8574]. Nilai frekuensi natural ( ) dan damping ratio diketinggian sea level dan 40000 ft masing – masing memiliki nilai 3 rad/sec atau 0.5 cps ( circle per second ) dan 0.7. Dimana nilai 3 rad/sec dan 0.7 itu termasuk kedalam grafik penerbangan Good(baik). Penerbangan good itu merupakan penerbangan yang berada pada posisi yang baik untuk melakukan penerbangan. Kata kunci : Damping ratio, Frekuensi, Kestabilan, MATLAB, Pitch


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YIYI LINANDA
NIM : 06050017
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020