© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
Studi Eksperimental Ram Air Turbine ( RAT ) Menggunakan Delapan Blade Dengan Membandingkan Angle of Attack
Penulis
ROBY RISKY
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, ST. MT - Ir. Heru Yudanarsa

ABSTRAK :
Faktor keselamatan merupakan faktor utama dalam pengoperasian pesawat terbang, untuk itu faktor keselamatan sudah diperhitungkan dari fase perancangan pesawat. Salah satu hal yang diantisipasi dalam pengoperasian pesawat yaitu apabila pesawat kehilangan tenaga atau engine mengalami kerusakan fatal sehingga tidak mampu mensuplai tenaga untuk mengoperasikan sistem- sistem pada pesawat. Untuk itu diperlukan suatu alat yang bisa dioperasikan untuk menggantikan fungsi dari engine pada saat kondisi emergency agar pesawat dapat mendarat dengan selamat. Salah satu alat yang digunakan untuk mensuplai energi pada saat emergency adalah Ram Air Turbine (RAT). Salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya daya yang dihasilkan oleh Ram Air Turbine (RAT) adalah besarnya angle of incidence Untuk mengetahui pengaruh besarnya angle of incidence ram air turbine dan kecepatan angin terhadap tegangan, kuat arus dan daya yang dihasilkan dilakukan study ekperimental. Perhitungan dilakukan dengan Ms.Excel. Dari hasil study eksperimental, analisis dan perhitungan dengan menggunakan program MS. Excel maka dapat diperoleh Tegangan listrik maksimal pada kecepatan angin 18 m/s dan 20 m/s dihasilkan pada sudut 160 dengan nilai tegangan maksimalnya pada kecepatan angin 18 m/s adalah 7,424 volt, pada kecepatan angin 20 m/s adalah 9,144 volt. Kuat arus listrik maksimal pada kecepatan angin 18 m/s dan 20 m/s dihasilkan pada sudut 160 dengan nilai kuat arus listrik maksimalnya pada kecepatan angin 18 m/s adalah 0.166 ampere, pada kecepatan angin 20 m/s adalah 0,218 ampere. Daya listrik maksimal pada kecepatan angin 18 m/s dan 20 m/s dihasilkan pada sudut 160 dengan nilai daya listrik maksimalnya pada kecepatan angin 18 m/s adalah 1,11 watt, pada kecepatan angin 20 m/s adalah 1,8 watt. Semakin besar angle of attack ram air turbine maka semakin kecil Daya listrik, baik pada kecepatan 18 m/s maupun pada kecepatan 20 m/s. (Kata Kunci : Faktor Keselamatan, Ram Air Turbine, Sudut Angle of incidence)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ROBY RISKY
NIM : 06050004
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020