© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
PERANCANGAN AWAL BRAKE SYSTEM PADA PESAWAT TRANSPORT SEKELAS BOEING 737 200
Penulis
DIDIK SULISTIYO
Pembimbing : Moh.Ardi Cahyono, ST., MT. - Sri Mulyani,ST

ABSTRAK :
Dalam perancangan ini, dilakukan untuk mengetahui dan memberikan gambaran tentang proses perancangan awal yaitu pada preliminary brake design, serta dapat menambah pengetahuan dalam perancangan awal brake system (preliminary brake design ) pesawat terbang. Preliminary brake design pesawat transport sekelas Boeing 737-200 dimulai dari menentukan pemilihan jenis material pada beberapa brake komponen, sehingga dapat maksimal sesuai dengan fungsinya. Diantaranya adalah heat sink memakai jenis carbon yang cocok sebagai heat absorber dan memiliki high specific heat serta thermal conductivity. Menghitung preliminary sizing brake pada RTO, FLL, Worn brake, Menghitung roling radius, A rim, braking force, brake torque ( untuk dapat menentukan diameter piston ), F spring ( agar dapat mendorong piston kembali ke posisi semula ). Menentukan dan membandingkan weight brake ass pada ke 3 kondisi, Menghitung stoping distance untuk membandingkan jarak yang paling jauh untuk beberapa kondisi. Dalam perancangan awal brake system, brake torque, diameter piston , serta F spring agar dapat mendorong piston lepas dari pressure plate. Salah satunya Pada kondisi worn brake ( WB ) brake torque 533711,32 lbf in, diameter piston 1.56 in (39,65mm), dengan Fspring 4112,68 lbf, massa brake 83 lb ( 37,65kg ), jumlah rotor 4, stoping distance 1604,85 ft, dan braking time 13,90 sec. Kata kunci : B737-200, Preliminary Brake Design, , Stoping Distance


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DIDIK SULISTIYO
NIM : 05050087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020