© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS LOW TURBULENCE SUBSONIC WIND TUNNEL PEMBENTUKAN ICING WING PESAWAT TERBANG
Penulis
CHRIS STEPHEN PALINO
Pembimbing : Drs.Sukoco, M.Pd MT. - Moh Ardi Cahyono, ST., MT.

ABSTRAK :
Pesawat terbang didesain tidak hanya mampu terbang pada cuaca normal, tetapi juga mampu terbang dalam berbagai kondisi, diantaranya pada saat terjadi pembentukan es pada komponen pesawat terbang yang berpengaruh pada performance pesawat. Sehingga Skripsi ini bertujuan utnuk Mengetahui pengaruh lift dan drag dari kondisi normal (Clean ice) pada airfoil simetris dengan menggunakan terowongan angin Low Turbulence Subsonic Wind Tunnel terhadap kecepatan dan sudut serang yang berbeda dan Mengetahui pengaruh lift dan drag dari (kondisi ice) pada airfoil simetris dengan menggunakan terowongan angin Low Turbulence Subsonic Wind Tunnel terhadap kecepatan dan sudut serang yang berbeda. Terowongan angin di gunakan untuk mempelajari interaksi antara benda dengan udara. Dengan mengunakan terowongan angin, percobaan dapat dilakukan untuk mengetahui interaksi, baik dalam bentuk gaya ataupun dalam bentuk medan aliran antara udara yang bergerak melalui benda yang diam, guna mensimulasikan interfal yang sama antara benda yang bergerak dengan udara yang dilakukannya.Terowongan angin yang akan melaksanakan percobaan dengan angin yang akan di gunakan dalam percobaan ini adalah Low Turbulence Subsonic Wind Tunnel. Dari hasil analisis yang dilakukan pada kondisi normal (clean icing) analisis grafik menunjukan bahwa kondisi clean ice untuk Cl maksimum dicapai pada AOA 200 dengan nilai 1,72. Pada kondisi ice dari bentuk (rime ice) masih menimbulkan lift rime ice cendrung memiliki bentuk aerodinamis, dimana Cl maksimum tiap tingkat kecepatan 10 m/s, 15 m/s, 20 m/s hingga pada kecepatan 25 m/s dicapai pada AOA 150. Sedangkan bentuk (glaze ice) sama sekali tidak menghasil lift, dimana tiap tingkat kecepatan 10 m/s, 15 m/s, 20 m/s hingga pada kecepatan 25 m/s dan AOA 00, 50, 100, 150, 200 lift sama dengan 0 dikarenakan dilihat dari bentuk geometri glaze ice tidak beraturan dan memiliki dua tanduk. Untuk nilai Cd dari rime ice, lebih kecil dibandingkan dengan glaze ice. Kata kunci : Icing Wing, Aerodinamika, Analisis Low Turbulence Subsonic Wind Tunnel.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : CHRIS STEPHEN PALINO
NIM : 06050107
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020