© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS PRESTASI MAIN ROTOR BLADE PADA HELIKOPTER BO-105
Penulis
CATUR BAWONO
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Helikopter adalah pesawat udara bersayap berputar (rotary wing) yang bisa terbang tanpa memerlukan runway yang panjang. Helikopter memiliki kelebihan dibanding dengan pesawat udara yang bersayap tetap (fixed wing). Pesawat ini merupakan wujud nyata dari konsep Take-off dan Landing Vertikal (VTOL / Vertical Take-off & Landing) dimana helikopter mampu melakukan tinggal landas dan mendarat pada lokasi-lokasi sempit dimana pesawat dengan sayap tetap tidak mampu melakukannya. Helikopter juga dapat menjangkau hampir seluruh medan lokasi yang tidak bisa didarati oleh pesawat bersayap tetap dengan kemampuan terbangnya dalam kecepatan rendah, terbang vertical bahkan terbang mengambang (hover) pada ketinggian tertentu. Performa suatu helikopter sangat penting untuk diketahui, terutama jika dikaitkan dengan performa main rotor blade dan tail rotor blade. Kedua performa tersebut sangatlah dominan peranannya didalam menentukan performa helicopter secara keseluruhan. Analisis prestasi main rotor blade pada setiap kondisi terbang (terbang maju mendatar, terbang vertical, terbang hover dan terbang maju menanjak). Dari hasil perhitungan dan pembahasan didapatkan bahwa tenaga yang terbesar terjadi pada kondisi terbang maju menanjak Kata kunci : Helikopter, main rotor blade, hover


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : CATUR BAWONO
NIM : 02050041
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020