© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS PENDAPATAN BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENDAPATAN BANDARA
Penulis
EVVA CINDY ALITA
Pembimbing : Yusa Asra Yuli W, S.T, M.M - Karseno KS.INZ, S.E, M.M

ABSTRAK :
Analisis penentuan pendapatan perusahaan ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Secara garis besar konsep pendapatan dapat ditinjau dua segi, yaitu Jasa aeronautika dan jasa non aeronautika. Jasa aeronautika yaitu pelayanan jasa yang berhubungan langsung dengan operasi penerbangan, seperti jasa layanan komunikasi, navigasi dan pemantauan penerbangan (Route Charge), jasa layanan penumpang pesawat udara (airport tax) serta jasa pendaratan, pemarkiran dan penyimpanan pesawat udara (Landing Fee). Sedangkan Jasa non-aeronautika, yaitu jasa yang berhubungan dengan fasilitas pendukung kegiatan penerbangan (tidak berhubungan langsung dengan kegiatan penerbangan), seperti sewa ruang dan sewa tanah, konsesi, jasa parkir (retribusi parkir) dan pas bandara serta pemakaian tempat reklame. Pemaksimalan perlu dilakukan guna peningkatan kinerja pendapatan perusahaan. Pemaksimalan yang dilakukan untuk peningkatan kinerja pendapatan yang diperoleh dari jasa aeronautika dan non aeronautika. Pemaksimalan ini dilakukan dengan mencari aspek-aspek pendapatan yang berasal dari sumber pendapatan aeronautika ataupun sumber pendapatan non aeronautika.. Bandara Adisutjipto Yogyakarta sebagai turisme dipulau Jawa, bandara ini dikembangkan untuk menampung pesawat yang lebih besar yang hingga kini terhalang oleh keterbatasan lahan dan lingkungan alam sekitar. Besarnya total pendapatan bandara pada tahun 2007 adalah sebesar Rp. 45.949.329.177,- yang diperoleh dari pendapatan aeronautika sebesar Rp. 33.049.471.894, dan pendapatan non-aeronautika sebesar Rp. 12.899.875.283,-. Sedangkan prosentase pendapatan aeronautika adalah sebesar 72% dan prosentase non-aeronautika sebesar 28%. Pengembangannya peningkatan diarahkan pada pelayanan diterminal dan perbaikan jasa pelayanan lainnya meningkatkan pola pemasaran yang telah ada sebelumnya. Beberapa peluang usaha dan pola kerjasama yang memungkinkan untuk dilaksanakan dengan pihak ketiga, antara lain : usaha pertokoan / mini market dan hotel transit, dengan pola Kerja Sama Operasional dan atau Kerja Sama Manajemen. Kata kunci : Pendapatan, Aeronautika, Non-Aeronautika,Peningkatan Pendapatan.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : EVVA CINDY ALITA
NIM : 03050084
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020