© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS KINERJA ENGINE CFM56-3 PADA KONDISI TERBANG JELAJAH
Penulis
BONATUA PERNANDUS SIAHAAN
Pembimbing : Ir. Suyitmadi, MT. - M.Ardi Cahyono, ST, MT.

ABSTRAK :
Engine merupakan penghasil thrust pada pesawat terbang. Kinerja engine sangat menentukan kemampuan pesawat melakukan penerbangan dengan baik. Dalam penerbangan sipil, pesawat banyak menggunakan engine jenis turbofan, karena memiliki effiensi tinggi dengan pemakaian bahan bakar yang relatif rendah. Pada skripsi ini dianalisis pengaruh Mach Number, compressor pressure ratio, fan pressure ratio dan by-pass ratio terhadap performa engine turbofan CFM56-3 pada pesawat Boeing Business Jet 737-300 dan 737-500. Engine dengan spesifik thrust yang tinggi dapat membawa payload yang lebih banyak sedangkan engine dengan specific fuel consumption yang rendah akan meringankan pada operasional. Apabila kedua hal ini terpenuhi maka engine bisa dikatakan memiliki efisiensi yang tinggi. Dalam menganalisis kinerja engine turbofan CFM56-3, dilakukan perubahan input parameter pada kondisi terbang jelajah pada ketinggian 35.000ft. Dengan perubahan Mach Number, compressor pressure ratio, fan pressure ratio dan by-pass ratio diharapkan dapat mengetahui harga thrust specific, specific fuel consumption, efisiensi propulsive, efisiensi thermal dan efisiensi overall. Dari hasil analisis perhitungan akan diketahui harga setiap effisiensi, yang mana akan didapat harga spesifik fuel consumption yang rendah dan spesifik thrust yang tinggi. Kata kunci : Mach Number, compressor pressure ratio, fan pressure ratio, bypass ratio, thrust specific dan specific fuel consumption.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BONATUA PERNANDUS SIAHAAN
NIM : 02050126
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020