© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS DEFLEKSI STRUKTUR WING BOX PESAWAT T-34C-1 CHARLIE
Penulis
RIAN YULIAWARI
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu S, MT - Arief Suwardiman, ST

ABSTRAK :
Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mencari nilai dari momen dan gaya yang bekerja pada struktur wing box pesawat T-34C-1 Charlie yang akan menimbulkan defleksi. Jika nilai momen dan gaya diketahui maka, tingkat kelelahan pada struktur wing box (fatique) dapat ditekan. Dengan demikian, besarnya load yang harus dibawa berupa barang, penumpang dan bahan bakar dapat diperkirakan. Analisis dilakukan menggunakan data primer yang mencakup spesifikasi dan geometri pesawat T-34C-1 Charlie, data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dan browsing dari internet, dan diskusi dengan sumber-sumber yang telah memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi pesawat terbang serta berkompeten dalam hal analisis struktur wing box pesawat. Analisis dilakukan pada dua belas station yang terdapat dalam struktur wing box pesawat T-34C-1 Charlie. Nilai momen terbesar terdapat pada station 94,094 yaitu sebesar 47.088,019 Nmm. Semakin ke arah wing tip nilai momen karena pengaruh gaya angkat dan berat fuel maupun nilai momen inersianya semakin mengecil, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan untuk menahan gaya angkat semakin mengecil. Sedangkan nilai sudut defleksi terbesarnya terdapat di station 191,000 yaitu sebesar 0,0188712 rad, karena di station tersebut kemampuan struktur untuk menahan beban dari gaya angkat kecil sehingga terjadi defleksi. Setelah diperoleh nilai sudut defleksi maka dapat diketahui besarnya defleksi maksimum (Ymax) yaitu sebesar 8,192 mm atau 0,8192 cm terdapat di station 191,000 (dekat wing tip). (Kata kunci : wing box, momen, gaya angkat, defleksi)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RIAN YULIAWARI
NIM : 04050095
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020