© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISIS KINERJA ENGINE GE F110 PESAWAT F-14 TOMCAT AKIBAT VARIASI LUAS NOZZLE
Penulis
OKTA HENDRA PUTRA
Pembimbing : M Ardi Cahyono, ST., MT. - Karseno.KS, INZ.,SE.,MM.

ABSTRAK :
Mesin propulsi adalah bagian dari pesawat terbang yang berfungsi menghasilkan gaya dorong (thrust). Setiap pesawat udara yang ingin bergerak di udara serta mempertahankan ketinggiannya selalu dilengkapi dengan sistem propulsi. Mesin propulsi dapat berupa mesin piston, mesin turbin, dan roket. Saat ini mesin turbin pemakaiannya sangat luas baik pada pesawat transport maupun pesawat militer, dan nosel merupakan salah satu bagian yang penting dari mesin tersebut. Ada beberapa bentuk atau tipe dari nosel yang dipasang pada mesin pesawat, yaitu nosel yang berbentuk divergen, konvergen maupun konvergen – divergen. Pada penelitian ini menggunakan engine GE F110 sebagai obyek penelitian yang mana merupakan engine turbofan dengan menggunakan afterburner. Pada penelitian ini akan dilakukan variasi luasan area nosel pada engine GE F11Tomcat. penelitian yang dilakukan adalah dengan memvariasiakan luasan pada area nosel untuk dapat dilihat out put kecepatan, thrust, dan bilangan Mach. Dari perhitungan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan nilai dari kecepatan, thrust dan bilangan Mach yang dihasilkan sebagai variasi dari perubahan nosel. Kata Kunci : Kecepatan udara, Temperatur, Tekanan, Luas Area Nozzle


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : OKTA HENDRA PUTRA
NIM : 03050075
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020