© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISAPENGARUHSUDUTVARIABLESTATORVANES(VSV)DANBUKAANVARIABLEBLEEDVALVES(VBV)TERHADAPSTABILITASSTALLDANSURGEPADAAXIALCOMPRESSORSERTAPERHITUNGANPERFORMAENGINECFM56-3C1PADAPOSISITAKE-OFF
Penulis
KARSONO
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, ST.,MT - Sri Mulyani,ST

ABSTRAK :
EngineCFM56-3merupakanjenismesinpesawatterbangyangpalingbanyakdigunakanolehpesawatterbangsaatini.Mesinturbofandikenalmemilikiefisiensibahanbakaryangbaikdandapatmenghasilkangayadorongyangbesar,sehinggamesinturbofancocokuntukmesinpesawatterbang.Makadariitu,untukmenjagakeselamatan,keamananpesawatdankonsumen,pesawatterbangmemerlukanperalatandanperlengkapanyanghandal.Salahsatunyaadalahmesin(engine)pesawat. AnalisaberikutinimerupakanhasilpengetesanyangdilakukandiUnitTestCellpadaPT.GMFAeroAsia.SalahsatunyaadalahmengatursudutVariableStatorVanes(VSV)danbukaanVariableBleedValve(VBV).PembacaansudutVSVuntuk4(empat)posisiengineyaituMinimumIdle(33.2),ApproachIdle(29.6),MaximumCotinous(0.76),Take-Off(-0.95).sedangkanbukaanVBVnyauntuk4posisiadalahMinimumIdle(101.17),ApproachIdle(101.48),MaximumContinous(2.05),TakeOff(1.99) SpesifikasiEngineCFM56-3C1denganSerialNumber(SN)858853,prosespengetesanEnginediUnitTestCellPT.GMFAeroAsia,hubunganantarasudutVSVdenganN2(rpm),hubunganantarabukaanVBVdenganN2(rpm),untukmengetahuiperformaengine,parameteryangdilihatdisinidalamduakondisiyaitudalamkondisiStandartDaydanHotDay.Hasilakhiryangmenjadikalkulasiparameternyameliputi;Thrusth(FN),ExhaustGasTemparatur(EGT),FanSpeed(N1&N2),FuelFlow(WF).Hasilyangdiperolehmenunjukkanbahwaenginetersebutkondisimasihbagus.K ataKunci:Axialcompressor,VariableStatorVanes(VSV)danVariableBleedValves(VBV)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : KARSONO
NIM : 04050029
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020