© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUEREMENT SYSTEM (IPMSs) DAN ANALITICAL HIERARCHI PROCESS (AHP) DI SMK MUHAMADIYAH 01 SAMBI
Penulis
MUH ARIF SYAIFUDDIN
Pembimbing : Yasrin Zadidi, S.T., M.T - Uyuunul Mauidzoh, S.T,.MT

ABSTRAK :
Sistem pengukuran kinerja tidak hanya diperlukan dan dilakukan dalam dunia bisnis, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Saat ini pengukuran kinerja di Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 01 Sambi belum memiliki sistem pengukuran kinerja untuk mengukur kinerjanya secara terintegritas dan kontinyu, sehingga mengalami kesulitan dalam mengukur tingkat keberhasilan, efesiensi, dan efektivitas dari kegiatan yang dilaksanakan selama ini. Penelitian ini merancang sistem pengukuran kinerja di Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 01 Sambi menggunakan metode Integrated Performance Measurement System (IPMSs). Integrated Performance Measurement System (IPMSs) merupakan suatu metode untuk mengukur kinerja secara terintegritas dan berbasis pada keinginan stskeholders. Dengan metode IPMSs Key Performance Indicators (KPI) Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 01 Sambi ditentukan berdasarkan stakeholders requirements melalui empat tahapan yaitu : identifikasi stakeholders requirements, external monitor, penetapan objectives, dan identifikasi KPI. Setiap key performance indicators (KPI) memiliki bobot yang berbeda terhadap sistem pengukuran kinerja. Bobot setiap key performance indicators (KPI) di cari dan ditentukan dengan metode Analitical Hierarchi Process (AHP). Hasil perancangan sistem pengukuran kinerja di Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 01 Sambi, dapat mengidentifikasi dalam 6 perspektif pengukuran kinerja yang terdiri dari 14 objectives. Keberhasilan objectives dapat diukur oleh 33 key performance indicators dari 14 objectives yang dikelompokkan. Berdasarkan hasil pembobotan dengan Analitical Hierarchi Process (AHP) diperoleh bobot terbesar pada Kualifikasi guru berdasarkan tingkat kepangkatan akademik (0.084) dan bobot terkecil ada pada Perentase ketersediaan buku penunjang (0.005). Kata kunci : Integrated Performance Measurement Systems, pengukuran kinerja, key performance indicators, Analitical Hierarchi Process


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUH ARIF SYAIFUDDIN
NIM : 04020014
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020