© jkj,gwww.stta.ac.id 2020

Detail Skripsi
ANALISA PERHITUNGAN THRUST REVERSE PADA PESAWAT BOEING 737-300 DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PARA (PARAMETRIC CYCLE ANALYSIS
Penulis
DWI ADIE CAHYONO
Pembimbing : M. Ardi Cahyono S.T, M.T - Ir. Heru Yudanarsa

ABSTRAK :
Pesawat Boeing 737-300 Merupakan pesawat komersil penumpang dengan jenis Nero body ( Pesawat Berbadan besar ) kapasitas penumpang 120 orang. Dengan dua engine jenis CFM56-3 type turbofan. Jenis pesawat ini sangat banyak digunakan oleh maskapai-maskapai di Indonesia. Peningkatan kwalitas pelayanan sangat dibutuhkan untuk kenyamanan penumpang hal yang sangat penting yang harus diperhatikan adalah faktor keselamatan (safety ). Salah faktor yang mempengaruhi keselamatan adalah faktor dari pesawat itu sendiri mulai dari engine sampai semua system yang mendukung selama penerbangan. Tingkat kritis pilot yaitu pada saat pesawat take-off dan landing. Pada saat landing yang sangat penting adalah pengereman ( break ).Pada saat pengereman ini ada alat bantu yang terletak pada engine yang dinamakan thrust reverse. Fungsi dari thrust reverse adalah membantu break system pada saat pengereman dengan cara membalikkan gaya dorong yang terjadi akibat kecepatan sehingga drag yang terjadi menjadi lebih besar. Perhitungan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar thrust yang terjadi dan thrust reverse yang terjadi. Pada perhitungan dengan menggunakan software PARA ( Paremetric Cycle Analysis ) ada beberapa variable yang yang telah menjadi ketetapan seperti Cpt= 1239 j/kg.Ko. Jika perhitungan dengan Microsoft Exel rumus perhitungan berdasarkan rumus yang sudah ada dan dibutuhkan ketelitian. Software PARA cukup akurat dalam perhitungannya karena adanya ketetapan-ketetapan atau konstanta. Kata kunci : Engine CFM56-3 B2, Thrust, Thrust reverse. Software PARA.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DWI ADIE CAHYONO
NIM : 04050087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2020